Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

DSC_0155

SMK Muhammadiyah Imogiri merupakan amal usaha milik Perserikatan Muhammadiyah, yang bergerak/berdakwah melalui layanan pendidikan. Awal mulanya adalah Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Muhammadiyah Imogiri. Sekolah ini dirintis dan didirikan di Imogiri oleh  Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1968. Kurun waktu tahun 1968 sampai dengan tahun 1990 SPG Muhammadiyah Imogiri terus berperan membantu pemerintah mencetak tenaga guru.

Kebijakan pemerintah menutup sekolah pendidikan guru, SPG Muhammadiyah Imogiri pada tahun pelajaran 1989/1990 mengalami alih fungsi menjadi sekolah menengah kejuruan atau Sekolah Teknik Menengah Muhammadiyah Imogiri dengan program keahlian teknik mekanik otomotif. Siswa angkatan pertama STM Muhammadiyah Imogiri berjumlah 80 siswa terbagi dalam 2 kelas, dengan 19 tenaga guru dan 9 orang karyawan termasuk penjaga sekolah. Pada tahun pelajaran 1991/1992 STM Muhammadiyah Imogiri melaksanakan Akreditasi sehingga memperoleh status diakui. Pada tahun 1997 STM Muhammadiyah Imogiri berubah menjadi SMK Muhammadiyah Imogiri yang diikuti dengan akreditasi pada tahun 1998 memperoleh status disamakan. Jumlah siswa pada saat itu adalah 307 (9 kelas) dengan 29 orang guru dan 11 orang karyawan. Tahun 2003 SMK Muhammadiyah Imogiri dengan jurusan teknik mekanik otomotif kembali melaksanakan akreditasi sehingga memperoleh status disamakan dengan jumlah siswa 383 orang (12 kelas), 36 orang guru dan 10 orang karyawan. Aturan pemerintah program keahlian teknik mekanik otomotif berubah menjadi Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Tahun 2007 Kompetensi Keahlian TKR melaksanakan akreditasi sehingga diperoleh status akreditasi A. Untuk periode akreditasi kompetensi keahlian TKR selanjutnya memperoleh predikat akreditasi A.

Pada tahun 2005/2006 SMK Muhammadiyah Imogiri membuka program keahlian baru yaitu Tata Busana. Kesungguhan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, program keahlian Tata busana terus berkembang sehingga jumlah kelas yang rombongan belajar yang terus meningkat dengan fasilitas laboratorium tata busana terbaik dan terlengkap dari sekolah swasta se-Bantul. Pada tahun 2008 Program Keahlian Tata Busana mendapatkan akreditasi A dengan jumlah siswa 104 anak (4 kelas). Perkembangan selanjutnya Program Keahlian Tata Busana berganti menjadi Kompetensi Keahlian Busana Butik (BB). Akreditasi berikutnya untuk kompetensi keahlian BB juga memperoleh status akreditasi A dengan nilai akreditasi yang terus naik.

Untuk lebih mengembangkan layanan pendidikan pada tahun pelajaran 2011/2012 SMK Muhammadiyah Imogiri mengembangkan kompetensi baru yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Respon positif diperoleh dari masyarakat sehingga di tahun pertama terselenggara 2 kelas. Kesungguhan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan membuahkan hasil akreditasi A untuk kompetensi Keahlian TKJ.

Pada tahun 2013/2014 SMK Muhammadiyah Imogiri membuka jurusan baru yaitu   Teknik  Sepeda  Motor  (TSM).  Pengembangan   jurusan   otomotif  di   SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi TKR dan TSM memperoleh tanggapan sangat positif dari masyarakat di ke dua kompetensi tersebut. Sampai dengan saat ini SMK Muhammadiyah Imogiri memiliki 4 jurusan/kompetensi yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) terdiri dari 11 rombongan belajar, Teknik Sepeda Motor  (TSM) 7 rombongan belajar, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 4 rombongan belajar dan Busana Butik (BB) 4 rombongan belajar, keempat kompetensi keahlian tersebut terakreditasi A.

Tuntutan perkembangan teknologi, perkembangan dunia pendidikan dan  perkembangan SMK Muhammadiyah Imogiri yang jumlah siswanya terus meningkat, sekolah terus berusaha mengembangkan diri meningkatkan kwalitas layanan pendidikan. Salah satu usaha merealisasikan pengembangan diri tersebut, SMK Muhammadiyah Imogiri membangun Visi sekolah mewujudkan Insan Islami, Unggul dan Kompetitif. Melalui visi yang jelas diharapkan sekolah dapat memberikan layanan pendidikan terbaik, terarah dan terencana yang tertuang dalam misi-misinya.  Usaha lainnya adalah mewujudkan branding Sekolah Berbasis Industri melalui layanan pendidikan Link Match bekerja sama dengan dunia industri, memasyarakatkan budaya kultur industri di dalam lingkungan SMK Muhammadiyah Imogiri, mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum softskill bagi seluruh siswa. Melalui kerjasama dengan industri maka layanan pendidikan kejuruan di berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri dan lulusannya bisa langsung terserap ke industri tersebut. Saat ini SMK Muhammadiyah Imogiri telah membangun kerjasama dengan Astra Honda Motor dalam memberikan layanan pendidikan yang melalui Pengembangan Kurikulum Honda untuk kompetensi keahlian TSM, disusul kemudian kerjasama dengan Astra Daihatsu Motor untuk kompetensi keahlian TKR dan Microtik untuk kompetensi keahlian TKJ. Kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan akan terus di jalin untuk mewujudkan SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi Sekolah Berbasis Industri.

© 2018 SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI. All Rights Reserved.