Sejarah SMK Muhammadiyah 1 Imogiri

DSC_0155

SMK Muhammadiyah Imogiri merupakan amal usaha milik Perserikatan Muhammadiyah yang bergerak/berdakwah di bidang layanan pendidikan. Sejarah berdirinya SMK Muhammadiyah Imogiri diawali dengan didirikannya Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Muhammadiyah Imogiri yang dirintis dan didirikan di Imogiri oleh Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1968. Kurun waktu tahun 1968 sampai dengan tahun 1990 SPG Muhammadiyah Imogiri terus berperan membantu pemerintah mencetak tenaga guru.

Kebijakan pemerintah menutup sekolah pendidikan guru, SPG Muhammadiyah Imogiri pada tahun pelajaran 1989/1990 mengalami alih fungsi menjadi sekolah menengah teknik atau Sekolah Teknik Menengah (STM) Muhammadiyah Imogiri dengan program keahlian teknik mekanik otomotif. Akreditasi pertama kali STM Muhammadiyah Imogiri memperoleh status akreditasi Diakui. Kebijakan pemerintah tentang perubahan sekolah menengah teknik maka pada tahun 1997 STM Muhammadiyah Imogiri berubah menjadi SMK Muhammadiyah Imogiri dengan program keahlian teknik mekanik otomotif yang selanjutnya pada tahun 1998 diakreditasi memperoleh status Disamakan. Kesungguhan seluruh warga sekolah dan siswa menjalankan  dampak SMK Muhammadiyah Imogiri makin dipercaya masyarakat, demikian pula hasil akreditasi yang selalu Disamakan. Merujuk kepada kebijakan pemerintah tentang pengembangan spektrum program keahlian pada sekolah menengah kejuruan, program keahlian teknik mekanik otomotif berubah menjadi kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Tahun 2007 Kompetensi Keahlian TKR melaksanakan akreditasi sehingga diperoleh status akreditasi A, yang selanjutnya akreditasi kompetensi keahlian TKR memperoleh predikat akreditasi A.

Pada tahun 2004 SMK Muhammadiyah Imogiri terjadi perubahan kepemimpinan sekolah, mulai tahun tersebut SMK Muhammadiyah Imogiri dipimpin oleh Bapak Drs. Nur Wahyuntoro. Mengawali kepemimpinannya visi misi SMK Muhammadiyah Imogiri disederhanakan menjadi rangkaian kalimat yang mudah dipahami seluruh warga sekolah yaitu Terwujudkan Insan Islami, Unggul dan Kompetitif yang diikuti penjabaran menjadi misi yang lebih konkrit untuk mewujudkan visi tersebut. Melalui rumusan visi dan misi sekolah yang baru selanjutnya dirumuskan program sekolah yang berkelanjutan memberikan layanan pendidikan terbaik, terarah dan terencana sebagai implementasi dari misi-misi tersebut. Dibawah kepemimpinan beliau SMK Muhammadiyah Imogiri berkembang sangat pesat dari segi kuantitas jumlah siswa, kualitas layanan pembelajaran dan sarana prasarana belajar, kompetensi-kompetensi keahlian baru juga dibuka dengan tetap menjaga dan terus meningkatkan mutu layanannya. Pembukaan kompetensi keahlian baru diawali Tahun Pelajaran 2005/2006 SMK Muhammadiyah Imogiri membuka program keahlian Tata Busana. Kesungguhan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, program keahlian Tata busana terus berkembang sehingga jumlah kelas dan rombongan belajar yang terus meningkat, dengan fasilitas laboratorium tata busana terbaik dan terlengkap dari sekolah swasta se-Bantul. Akreditasi Program Keahlian Tata Busana pada tahun 2008 juga mendapatkan akreditasi A. Perkembangan selanjutnya Program Keahlian Tata Busana berganti menjadi Kompetensi Keahlian Busana Butik (BB). Akreditasi berikutnya untuk kompetensi keahlian BB juga memperoleh status akreditasi A dengan nilai akreditasi yang terus naik. Untuk memperluas layanan pendidikan pada tahun pelajaran 2011/2012 SMK Muhammadiyah Imogiri mengembangkan kompetensi baru lagi yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Respon positif diperoleh dari masyarakat sehingga di tahun pertama terselenggara 2 kelas. Kesungguhan sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan membuahkan hasil akreditasi A untuk kompetensi Keahlian TKJ. Pada tahun 2013/2014 SMK Muhammadiyah Imogiri kembali membuka jurusan baru yaitu  Teknik Sepeda Motor (TSM). Pengembangan  jurusan  otomotif di  SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi TKR dan TSM memperoleh tanggapan sangat positif dari masyarakat di ke dua kompetensi tersebut. Sampai dengan saat ini SMK Muhammadiyah Imogiri memiliki 4 jurusan/kompetensi yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Busana Butik (BB), keempat kompetensi keahlian tersebut terakreditasi A, dengan total jumlah siswa lebih dari 1000 orang.

Tuntutan perkembangan dunia pendidikan, perkembangan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) juga persaingan dengan sekolah-sekolah lain di sekitar SMK Muhammadiyah Imogiri memberikan motivasi diri yang kuat kepala sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk bersaing secara sehat mencari potensi diri dan membangun keunggulan untuk meningkatkan kemajuan sekolah, kepercayaan masyarakat umum dan masyarakat pengguna (DUDI), sekolah terus berusaha mengembangkan diri meningkatkan kwalitas layanan pendidikan. Salah satu usaha merealisasikan pengembangan diri tersebut adalah membuat branding Sekolah Berbasis Industri dan mewujudkannya melalui layanan pendidikan Link Match bekerja sama dengan dunia industri, memasyarakatkan kultur budaya industri di dalam lingkungan SMK Muhammadiyah Imogiri, mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum softskill bagi seluruh siswa. Melalui kerjasama dengan industri maka layanan pendidikan kejuruan di berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri dan lulusannya bisa langsung terserap ke industri tersebut. Saat ini SMK Muhammadiyah Imogiri telah membangun kerjasama dengan PT Astra Honda Motor dalam memberikan layanan pendidikan yang melalui Pengembangan Kurikulum Honda untuk kompetensi keahlian TSM, disusul kemudian kerjasama dengan Astra Daihatsu Motor dan PT Kubota Indonesia untuk kompetensi keahlian TKR juga Microtik dan Evercoss untuk kompetensi keahlian TKJ. Kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan akan terus dijalin guna mewujudkan SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi Sekolah Berbasis Industri.

Pembangunan mental spiritual di kalangan guru dan siswa untuk mewujudkan salah visi sekolah membangun budaya Islami seluruh warga sekolah juga terus digalakkan di antaranya adalah pembiasaan berjamaah sholat dhuha dan sholat dhuhur seluruh warga sekolah, maka dibangunlah sarana gedung Sportorium Smk Muhammadiyah Imogiri. Sportorium SMK Muhammadiyah Imogiri diresmikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Bapak Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA pada tanggal 15 Dhulkaidah 1434 H yang bertepatan tanggal 21 September 2013. Kehadiran ketua umum PP Muhammadiyah pada peresmian tersebut menjadi kebanggaan tersendiri lebih-lebih pada kesempatan tersebut beliau memberikan motivasi kepada seluruh warga SMK Muhammadiyah Imogiri untuk menjadi yang terbaik, yang beliau tuangkan dalam rangkaian kalimat “Why not the best.” Juga sebagai bagian pendidikan mental spiritual, sejalan dengan slogan Muhammadiyah Beramal Tiada Henti, Kepala Sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk beramal melalui program sekolah untuk pengabdian masyarakat Pengadaan Ambulan Gratis SMK Muhammadiyah Imogiri. Peresmian ambulan dilaksanakan di Sportorium SMK Muhammadiyah Imogiri dan dilaunching langsung oleh Bupati Bantul Drs. Suharsono.

Motivasi Why not the best dari ketua Umum PP Muhammadiyah saat meresmikan sportorium SMK Muhammadiyah Imogiri memberi motivasi yang sangat kuat sehingga Kepala SMK Muhammadiyah Imogiri mendorong dan mengajak seluruh elemen sekolah untuk terus bekerja yang terbaik untuk sekolah, membuat terobosan-terobosan baru sehingga sekolah makin dikenal oleh masyarakat secara nasional. Atas ide kepala sekolah maka dibuatlah inovasi teknology mobil hibrid yang selanjutnya disambut baik oleh lima orang siswa kompetensi keahlian TKR mewujudkan mobil tersebut.  Berita keberhasilan siswa SMK Muhammadiyah Imogiri membuat mobil hibrid formula 1 menarik perhatian banyak kalangan sampai ke Menteri Pendidikan Republik Indonesia Bapak Muhadjir Effendy, sehingga pada tanggal 10 Agustus 2016 Mendikbud rawuh di SMK Muhammadiyah Imogiri meluncurkan mobil Formula Hybrid tersebut. Kedatangan menteri ke SMK Muhammadiyah Imogiri memberikan kebanggaan dan berkah tersendiri. Atas perjuangan seluruh warga sekolah dibawah kepemimpinan kepala sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri yang memiliki siswa lebih dari seribu, Bapak Muhajir Effendy mengangkat SMK Muhammadiyah Imogiri menjadi Sekolah Rujukan Nasional serta memberi kesempatan kepada SMK Muhammadiyah Imogiri untuk memamerkan hasil karya siswa tersebut pada acara Pameran Nusantara Ekspo dan Forum di Taman Mini Indonesia Indah dan alhamdulillah menjadi juara pertama.

Perkembangan SMK Muhammadiyah Imogiri satu dekade terakhir yang salah satunya ditandai dengan pertambahan jumlah siswa yang jumlahnya lebih dari seribu, SMK Muhammadiyah Imogiri memngembangkan sarana prasarana belajar melalui perluasan lahan dan membagun gedung terpadu yang letaknya berada di sebelah utara SMK Muhamadiyah Imogiri. Saat ini proses pembangunan gedung baru tersebut sudah sampai tahap lantai 1 dan diberi nama Gedung KH Ahmad Dahlan. Peresmian dan persiapan kelanjutan pembangunan Gedung Ahmad Dahlan ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengajian oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Bapak Dr. H. Haidar Nashir, M.Si dilaksanakan pada Rabu, 29 Maret 2017 lalu di SMK Muhammadiyah Imogiri. Mohon do’a restu semoga pembangunan gedung tersebut segera selesai, SMK Muhammadiyah Imogiri terus berkembang lagi berpartisipasi lebih luas lagi memajukan pendidikan.

 

© 2018 SMK MUH.IMOGIRI. All Rights Reserved.