TANAMKAN MENTAL DISIPLIN DAN BELA NEGARA DI KALANGAN SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL ADAKAN LATSAR MENDIS DAN BELA NEGARA ANGKATAN IV TAHUN 2018

Pemasangan tanda peserta diklat oleh Kasdim 0729 Bantul

SMK Muhim Yogya_Senin (9/4)
SMK Muhammadiyah 1 Imogiri sebagai lembaga pendidikan formal bidang kejuruan yang bertujuan untuk menyiapkan sumberdaya manusia terdidik dan terampil yang siap terjun dalam dunia usaha dan dunia industri, baik di perusahaan, maupun mandiri membuka usaha sendiri, perlu membekali peserta didik dengan berbagai kecakapan baik shoft skill maupun hard skill. Salah satu unsur kecakapan shoft skill adalah disiplin dan kesadaran bela negara.

Dalam rangka menanamkan shoft skill kepada peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Imogiri bekerja sama dengan KODIM 0729 Bantul menyelenggarakan Pelatihan Dasar mental disiplin dan kesadaran bela negara. Pelatihan dilaksnakan selama 4 hari dimulai hari ini Senin 9 April sampai dengan Jumat 13 April 2018 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dan lingkungan sekitarnya. Pelatihan kedisiplinan dan bela negara ini merupakan pelatihan angkatan ke 4 yang diselenggarakan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dan menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Pelatihan diikuti oleh seluruh siswa kelas X sebanyak 503 siswa.

Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Mental Disiplin dan bela negara angkatan IV Tahun 2018 ini dilaksanakan di halaman Gedung Ahmad Dahlan SMK Muhammadiyah 1 Imogiri dengan inspektur upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729/Bantul Mayor Inf Suwarno. Upacara pembukaan juga dihadiri, Pasi Ter Dim 0729/Bantul, Kasi Trantib Kecamatan Imogiri, Danramil 10/Imogiri Kapten Inf Surono, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri Bapak H. Nur Wahyuntoro, para pelatih dari anggota TNI Kodim 0729/Bantul, guru pendamping dari SMK Muhammadiyah Imogiri dan peserta Latsarmendis sebanyak 503 Pelajar Kelas X SMK Muhammadiyah 1 mogiri Bantul.

Mayor Inf Suwarno selaku irup upacara pembukaan tersebut menyampaikanbahwa Latsarmendis dan bela negara ini merupakan moda mendidik rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme yang tinggi dikalangan pelajar sebagai penerus generasi bangsa demi tegak kokohnya NKRI serta kegiatan pelatihan ini juga merupakan upaya memberikan bekal pengetahuan untuk membentuk sikap disiplin dan mental yang kuat dalam kepemimpinan yang memadai agar dapat memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan. Kepada para peserta inspektur upacara berpesan agar latihan ini tidak dipandang kegiatan seremonial yang rutin dilaksanakan tapi harus menjadi wahana untuk mempertebal semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara Indonesia, disamping pemberian ilmu akademis tetapi juga pemberian pengetahuan kedisiplinan yang mendalam sangat penting mengenai kedisiplinan diri. Pertahanan negara bukan hanya peran TNI saja tetapi juga peran seluruh komponen bangsa termasuk para siswa sebagai pemegang tongkat estafet meneruskan perjuangan para pendahulu bangsa.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri Bapak H. Nur Wahyuntoro mengatakan, “Kami dari pihak sekolah sangat berterimakasih kepada bapak – bapak TNI Kodim 0729/Bantul yang berkenan memberikan pengetahuan kedisiplinan dan membentuk sikap disiplin para pelajar, mengingat perkembangan saat ini dikalangan pelajar mulai runtuh kedisiplinannya sehingga kami meminta bantuan kepada TNI dalam pembentukan sikap kedisiplinan secara baik dan benar.”

Foto bersama Kasdim, Kepala Sekolah, Pelatih dan peserta diklat seusai upacara pembukaan diklat.

Pada kesempatan tersebut ketua penyelenggara Wiranti Prastomo menyampaikan pelatihan bertujuan memberikan bekal kepada siswa pentingnya sikap disiplin sebagai dasar yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik, karena sikap disiplin merupakan dasar dari lancar dan tertibnya semua program dan kegiatan, lebih-lebih dalam dunia usaha dan industri, maupun dalam kehidupan bersama di masyarakat dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Materi pelatihan dasar mental disiplin meliputi materi baris-berbaris, penyampaian teori dan praktik materi wawasan kebangsaan dan bela negara melalui kegiatan di lapangan. Pelatihan akan diakhiri dengan kegiatan long march seluruh peserta, pelatih dan pendamping dengan menempuh rute perjalanan di wilayah Kecamatan Imogiri. (DwiAruji 2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2018 SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI. All Rights Reserved.