Launching Mobil Formula Hibrid SMK Muh Imogiri Oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan

______IMG-20160810-WA0015
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pada hari Rabu, 10 Agustus 2016..
melakukan uji coba mobil formula tenaga hibrid karya siswa SMK Muhammadiyah Imogiri. 

Uji coba mobil rakitan yang didesain menyerupai mobil balap formula tersebut dilakukan dalam kunjungan kerja Mendikbud Muhadjir sekaligus meluncurkan mobil karya siswa tersebut. Kata bapak Menteri : Ini salah satu wujud nyata apa yang dicapai siswa SMK Muhammadiyah Imogiri ini, semoga bisa memberi contoh siswa lain atas inovasi yang dikembangkan SMK Muhammadiyah Imogiri.
Sebagai wujud dalam memberikan apresiasi terhadap karya siswa SMK Muhammadiyah Imogiri itu, Mendikbud mengajak lima siswa yang mengembangkan mobil itu naik ke panggung dan menjanjikan memberikan beasiswa. “Saya akan memberikan beasiswa, namun besarannya saya serahkan ke Dirjen (Direktorat Jenderal), kata Menteri Muhadjir.
Sementara itu, menurut salah satu siswa perakit mobil formula itu, Ade Rivan Hidayatullah mengatakan, ide mengembangan mobil balap tenaga hibrid ini karena berawal dari ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang makin menipis.
“Kami ciptakan inovasi mobil yang bisa dinyalakan dengan menggunakan dua tenaga, yaitu motor listrik dan bensin. Ini untuk efisiensi BBM, karena mesin tetap bisa nyala dengan tenaga listrik,” katanya.
Ade mengatakan, untuk merakit satu mobil membutuhkan waktu sekitar dua bulan yang dikerjakan lima siswa, inovasi siswa SMK ini selesai dikerjakan sejak dua bulan lalu.
“Mobil ini bisa bekerja secara bergantian, bisa dengan baterai listrik yang sudah dicharge atau bensin. Kapasitas tangki bensin sebanyak 15 liter. Untuk biaya keseluruhan mencapai Rp150 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2018 SMK MUH.IMOGIRI. All Rights Reserved.